Archive for Komputer

Ganti IP via DOS

Sekedar share ga ada salah nya kan…?

Ganti IP via Dos di windows, Kalo di linux dah biasa….

tapi kalo ganti IP di windows pake dos bingung kan…?

tips ini nemu sih di http://www.xcode.or.id/forum/viewtopic.php?f=119&t=37405

ayo di coba…. 😀

Gunakan Netsh (command paling saktinya Windows) dengan netsh kamu gak hanya bisa ubah IP address doank tapi bisa set bisa ubah dari IP Dynamic jadi statis, ataupun sebaliknya, bisa setting DNS, dan bisa juga buat setting firewall, dan semuanya lewat command prompt.

Caranya masuk cmd.lalu ketik perintah berikut1.netsh interface ip set address “Nama Local conectionmu” dhcp (ubah dari ip statis ke dhcp)2.netsh interface ip set address “Nama Local conectionmu” static ipaddr subnetmask gateway metric (ubah dari dhcp ke statis)3.netsh interface ip set dns name=”Nama Local conectionmu” source=static addr=primary_dns_ip(setting primary dnsnya)

NB: sesuaikan nama local area connection, ip addr, subnet, gateway, dan ip dns nya sesuai dengan yang ada dijaringanmu. Untuk lebih mudahnya kamu bisa buat file .bat yang berisi command netsh jadi kalo mau ganti ip address tinggal jalanin aja file .bat nya (gak usah capek ngetik). Masih banyak lagi perintah2 yang bisa dilakukan netsh, yang lainnya silakan dipelajari sendiri.

oleh : s3mut_m3r4h

Iklan

Leave a comment »

Pengertian Proxy Server, Squid, dan NAT

1. Proxy Server Ada beberapa kalimat yang menjelaskan apa sebenarnya proxy server itu. Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainya untuk melakukan request terhadap content dari internet dan intranet (http://id.wikipedia.org/). Proxy server bertindak sebagai gateway terhadap dunia internet untuk setiap komputer client. Dalam menjalankan tugasnya proxy server tidak terlihat oleh komputer client sebagai contoh saat seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari Proxy server akan menginterpresentasikan request-request tersebut seolah-olah datang secara langsung dari komputer client, bukan dari proxy server. Proxy server dalam suatu jaringan memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai Connection sharing, filtering, dan caching.

Baca entri selengkapnya »

Comments (3) »